Minggu, 28 Februari 2010

Tips menggunakan JcomboBox Java Netbeans

Hello Gan Jumpa Lagi Ma Aa...wkwkwkwk... x Ni Gw Mau Sharing, Sekedar Tips Memakai Jcombo-nya Java Netbeans. Karena Dari Pengalaman Gw Make Ni Palette Agak Ngebingungin..hehehe.. Gini Gan Tips Yang Gw Pake :

1. AddItem
Ni Perintah Untuk Menambahkan Isi Dari Combo Kita, Misalnya AddItem("Nama"), AddItem ("Kelas"), Dll. Nah Caranya Kita Cukup Klik Kanan Pada Combo Kita Trus Ambil Propertis Trus Ambil Model, Nah Isi Dah Pa Ja Yang Pengen Kita Masukin Ke Combo Kita Tersebut. Nah Selain Itu Kita Juga Dapat Ngambil Data Dari Database Kita, Caranya Kita Harus Buat Program Pendek Untuk Pengambilan Datanya. Nah Gini Kira2 Potongan Kode Programnya :

public void tampilcombo(){
try{
String sql = "select * from tbarang";
stat = con.createStatement();
set = stat.executeQuery(sql);
while(set.next()){
jckodebarang.addItem(set.getString(1));
}
}catch(Exception e){JOptionPane.showMessageDialog(null, "error"+e);}
}

Nah Jangan Lupa Juga Kita Perkenalkan Dia (tampilcombo), Pada InitComponent Program Yang Kita Buat. Dalam Hal Ini Kombo Yang Kita Buat Akan Memasukkan Keseluruhan Kode Barang Ke Dalam Dirinya(Combo).

2. getSelecttedItem
Kalo Ini Adalah Perintah Untuk Melakukan Penseleksian Dari Isi Combo Yang Telah Kita Masukkan Sebelumnya Ke Combo, Baik Itu Dari Klik Kanan+Properties Ataupun Pengisiannya Langsung Dari Database. Ni Kodenya :

try{
String Sql = "select nama_barang,harga,stok from tbarang where kode_barang = '"+jckodebarang.getSelectedItem().toString()+"'";
stat = con.createStatement();
set = stat.executeQuery(Sql);
while(set.next()){
tnamabarang.setText(set.getString(1));
tharga.setText(set.getString(2));
tstok.setText(set.getString(3));
}
}catch(Exception e){JOptionPane.showMessageDialog(null, "error"+e);}

Nah Berdasarkan Kode Dari Barang Yang Kita Masukkan Ke Combo Tadi, Maka Combo Akan Menampilkan Nama Barang, Harga, Stok Yang Sesuai Dengan Kode Barang Yang Telah Kita Masukkan Ke Combo Sebelumnya.

3. GetSelecttedIndex
Ni Perintah Untuk Malukakan Pengambilan Data Dari Combo, Berdasarkan Index Atau Letak Dari Isi Combo Tersebut. Misalnya, Kalo Kita Mengambil Index 0, Maka Yang Akan Dikeluarkan Adalah Isi Pertama Dari Combo, Pa bila Index 1, Maka Combo Akan Menampilkan Isi Kedua Dari Combo, Begitu Seterusnya..

Nah Demikian Dulu Ya Tipsnya, Bagi Yang Ada Pengalaman Lagi Ma Combo2 Tolong Dikasih Tau N Keep Share Ok...^_^

3 komentar:

Matt mengatakan...

(set.getString(1));

angka 1 setelah getString di dapat dari mana mas ?? mohon pencerahannya
makasih ^_^

Ryan mengatakan...

gan ane mau nanya nih bangaimana memampilkan data dari database pada jcombobox yang tidak lebih dari satu, misalnya adanya satu data yang sama, bagaimana tu mengatatasi kesamaan data yang ada?

Ryan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 
You Are My Inspiration © 2007 Template feito por Templates para Você